Sunday, September 14, 2014

Tegas VS Keras

Yow, sebenernya gw mau post ini kemaren, tapi karena terlalu capek, jadi baru bisa ngepost sekarang. Oke, tegas vs keras, kata-kata di judul itu mungkin udah agak kuno, soalnya masalah itu udah dibahas sejak lama. Gw sendiri tau soal itu waktu dulu mentoring SMP, kalo kata mentor gw dulu "Kita harus tegas, tapi gaboleh keras. Kita harus lembut, tapi gaboleh lembek". Dari pernyataan mentor gw itu udah jelas kalo tegas dan keras itu beda kan? Nah, yang mau gw bahas sekarang itu masalah penerapan "ketegasan" dalam ospek. Iya, gw tau emg ganyambung sama gambar yang gw tampilin, tapi nanti kalo gw inget diganti lah, sekarang gabisa nyari gambar dulu. Back to the main topic, gw sering denger orang yang ngospek marah-marah dengan alasan mereka itu harus tegas. Jujur aja, gw sendiri sebenernya masih belum bisa nemuin tegas yang bener itu kyk apa. Tapi, sampe sekarang gw ngerasa kalo orang yang marah-marah dengan embel-embel tegas itu bukan tegas, tapi keras, malah cenderung kasar kalo menurut gw. Alasan itu lah yang bikin gw gamau jadi panitia ospek. Walaupun begitu, ospek di universitas bisa dibilang sedikit mendingan dibanding waktu SMA. Waktu gw SMA, gw dimarah-marahin untuk sesuatu yang ga jelas. Kalo pas di universitas, gw dimarahin kalo emang gw salah (sebenarnya lebih tepat gw dicari kesalahannya dulu, kalo beneran ga salah, baru bebas). Tapi, masih ada satu hal yang sama dari ospek kuliah sama SMA. Hal itu adalah peraturan yang bunyinya "Senior/kakak kelas selalu benar". Nah, jadi kata-kata apapun yang keluar dari mulut gw, walaupun bener, tetep aja disalahin dengan berbagai macam alasan yang ga masuk akal yang dibuat sama senior. Balik lagi ke tegas, apakah ketegasan butuh peraturan semacam ini? Peraturan itu sendiri udah bikin gw yakin kalo yang marah-marah itu sama sekali ga tegas, tapi keras. Menurut gw, orang yang tegas, walaupun harus marah, dia akan tetep mengakui kalau dia salah walaupun dia senior/lebih tua/lebih pinter/lebih lainnya. Orang yang tegas juga sebenernya gaperlu marah-marah/ teriak-teriak ga jelas dengan vokal tinggi (gw belajar soal vokal di Kendo), tapi mereka biasanya punya kharisma/wibawa sendiri buat bikin objeknya itu entah disiplin atau nurutin kata-kata mereka. Beda dengan orang yang keras, mereka pake kekerasan secara verbal atau fisik (yang ini udah ga boleh kabarnya) ke objeknya biar objeknya bisa nurutin kata-kata mereka. Gw peringatin dulu deh sebelum lanjut, kalo definisi tegas dan keras serta berbagai hal yang ada di dalam post ini adalah pendapat gw semata, jadi ini sifatnya subjektif dan kalo kalian ga setuju, silakan di sampaikan lewat comment dan berikan definisi tegas dan keras+orang yang tegas itu kayak apa dan orang yang keras kayak apa, gw juga pengen tau kok apa pendapat kalian, karena gw sendiri masih belajar. Back to the topic, tadi gw udah ngebahas orang tegas dan orang keras dari pandangan gw. Sekarang kita bandingin sama ospek di tempat lain, temen gw pernah ngeshare artikel tentang ospek di Singapura kalo ga salah. Di sana itu, peserta ospeknya bukan dimarah-marahin dan disuruh bawa barang yang ga jelas fungsinya (yang ujung-ujungnya bakal dibuang), tapi mereka diminta buat kerja sosial membantu sesama, itu juga sukarela (liat ). Kalo kyk gt lebih bermanfaat kan? Ngebantu orang lain, ga pusing dengerin teriak-teriak, dan ga buang-buang uang buat barang yang ga jelas apa fungsinnya. Sebenernya sih bicara soal tegas dan keras ga akan selesai di sini, karena dua kata itu punya makna yang beda-beda, tergantung orang yang memaknainya. Tapi, buat sekarang cukup dulu deh, kalo ada tambahan lagi paling gw post part 2 nya. Ja

0 comments :

Post a Comment