Thursday, September 11, 2014

Budaya

Hey, ketemu lagi dengan saya, heheh. Oh, iya, buat orang-orang yang baca blog ini (kayak ada yang baca aja), jangan bosen ya. Soalnya kemungkinan beberapa pos ke depan bakal rada serius bahasannya, yah balik lagi ke tujuan awal gw bikin blog ini (bisa dibaca di post sebelumnya). Oke, judul post kali ini budaya ya? Untuk para pembaca yang kenal gw, gw sekarang lagi kuliah di sebuah universitas di fakultas ilmu budaya. Nah, sebelum masuk ke pembahasan, gw mau curhat dikit. Sebenernya gw udah males liat kata budaya, berhubung tugas gw yang ribet itu (powerpoint kemaren) berhubungan sama kebudayaan, yaah tapi daripada gw keburu lupa jadi mending gw post sekarang deh. Balik ke pembahasan, tadi gw bilang gw kuliah di fakultas ilmu budaya, nah, yang mau gw bahas di sini bukan soal fakultas gw (walaupun pasti bakal nyerempet dikit) tapi soal tingkah laku dan budaya penghuni dari fakultas ini. Menurut gw orang lain bakal ngeliat perwujudan budaya Indonesia di fakultas gw ini, karena selain namanya fakultas ilmu budaya yang notabene-nya belajar soal budaya yang baik dan benar letak universitas gw juga di Indonesia, jadilah anggapan gw kalau apapun yang terjadi atau dilakukan oleh penghuni fakultas ini memperlihatkan kebudayaan Indonesia yang baik dalam bentuk miniatur. Nah, seandainya anggapan gw itu benar, kalau semua fakultas ilmu budaya (bukan cuma di kampus gw) adalah miniatur dari budaya Indonesia, maka apa pantas kita nunjukkin hal-hal yang bikin malu Indonesia di mata negara lain? Mungkin orang dari negara lain mikir "Ini fakultas ilmu budaya, berarti belajar tentang budaya negaranya sendiri pasti. Berarti budaya orang Indonesia tuh kayak gini ya", ya gapapa sih kalo yang ditunjukin tuh budaya tepat waktu dkk, tapi kebanyakan kita malah sampe harus "memanipulasi" jadwal dari urusan kita, dengan anggapan kalau kita suruh dia dateng jam X dia pasti ngaret sejam. Nah, gimana kalau orang luar itu punya impresi kalau Indonesia itu bangsa yang sangat toleran terhadap waktu (baca:sering ngaret)? Ga enak kan? Selain budaya ngaret, ada budaya lain yang ngeganggu gw banget, NGEROKOK. Sumpah, gw benci sama benda satu itu, sampe pengemis yang katanya "susah makan" pun masih bisa beli rokok, hebat banget. Gw gatau kalo di kampus lain, tapi di tempat gw sih orang-orang dengan enaknya ngerokok di mana aja, berasa fakultas ini dia yang buat gitu. Dari cowok sampe cewek, jujur, pertama ngampus setahun yang lalu kira-kira, gw kaget. Di SMA gw ga pernah ngeliat cewek ngerokok, dan sekarang mereka dengan enaknya ngerokok depan gw. Well, buat gw sih mau cantiknya kayak apa juga, kalo udah ngerokok gw jadi ilfeel sendiri. Setelah gw memiliki anggapan tentang miniatur budaya yang udah gw sebutin di awal, gw mikir, mungkin salah satu budaya Indonesia adalah ngerokok sembarangan. Gw ga peduli kalo kalian bilang gw pelanggar HAM atau apalah itu, masalahnya kalian (buat perokok) bicara soal HAM saat kalian sendiri melanggar HAM milik orang lain. Buat gw, menghirup udara segar itu hak asasi setiap manusia. Sebenernya mungkin masih banyak lagi, tapi emang dasar gw kurang perhatian, jdai ya cuma segini yang gw angkat sebagai tulisan. Dengan ngeliat dua hal itu aja, harusnya kita mikir lagi arti nasionalisme yang selama ini dikoar-koarin. Begini, gw emang bukan seorang nasionalis, mungkin gapunya rasa nasionalisme, dan gw sendiri masih berusaha buat ga nampilin image buruk soal Indonesia ke orang asing (kalo rokok sh gw bisa, tapi kalo on-time masih latihan), tapi seenggaknya gw bisa ngajak yang katanya nasionalis buat mikir lagi. Kalian semua bicara soal nasionalisme tapi secara ga sadar kalian mempermalukan nama baik negara yang kalian "banggakan" ini dengan menunjukkan hal yang kurang baik. Yah, gw ga bermaksud menyalahkan karena gw sendiri juga masih sering telat dkk, tapi hanya sekedar mengingatkan kalian dan juga diri gw sendiri. "tindakan yang kalian lakukan walau tanpa omongan akan jauh lebih berguna dibanding omongan tanpa tindakan" itulah sebuah kalimat penutup original (mungkin) dari gw. Semoga ada manfaatnya untuk gw sendiri dan untuk kalian yang baca (kalo ada), sorry for the long post heheh.Ja

0 comments :

Post a Comment