Friday, September 12, 2014

Metamorfosa

Ga kerasa udah hari Jumat lagi. Post kali ini judulnya metamorfosa, yang mungkin kalian semua tau artinya, dan tanpa harus gw kasih tau pun kalian mungkin udah tau kenapa gw kasih judul metamorfosa. Yap, blog gw yang baru berumur sekitar 3 hari ini udah ganti template lagi. Beda sama template yang dulu yang hampir semuanya item, template kali ini dibuat mirip papantulis, nah ertanyaan besarnya kenapa? Selain buat ngimbangin post gw yang dari kemaren agak kurang bercanda biar ga suram banget keliatannya, alasan lainnya adalah jujur aja gw gasuka sama template yang lama walaupun item itu warna favorit gw. Gatau kenapa, ngeliat templatenya aja udah capek, font tulisan juga kurang bagus sih, jadi biar radda seger gw ganti aja. Selain dua alasan di atas, masih ada alasan lain, alasan yang terakhir ini berhubungan sama tema template ini, yaitu papantulis yang notabenenya deket sama sekolah. Yah, gw ini tipe orang yang punya memori jangka panjang mungkin, jadi kalo bahasa gaulnya "susah move on" yang lama-lama keingetan terus. Intinya, gw lagi kangen sekolah (range-nya dari SD sampe SMA ya). Emm, kalo boleh jujur, sekolah itu walaupun banyak yang bikin males, tapi yang bikin kangen lebih banyak lagi. Dari mulai bisa dapet soulmate pas sekolah sampe bisa deket/bercanda sama guru. Kalo sekarang yang gw rasain pas kuliah itu banyak banget hal semasa sekolah yang gw rasa ilang, dari yang paling mendasar adalah gw udah ga bisa berbuat hal yang rada gila lagi kyk waktu di sekolah sampe susahnya nemuin temen yang beneran jadi "temen" di kampus gw ini. Kata orang, masa SMA itu adalah yang paling indah, dan sebelumnya gw bilang gw adalah orang yang susah move on, maka jadilah gw alumni yang sering bergentayangan di SMA gw kalo kuliah gw lagi liburan. Mengutip sebuah kalimat dari anime yang pernah gw tonton "nikmati waktumu dalam perjalanmu menjadi dewasa, jangan terburu-buru", kalimat ini sempet bikin gw mikir, ternyata masih banyak hal yang belum gw lakuin pas dulu gw masih sekolah. Terlepas dari rasa kangen gw, kutipan kalimat anime tadi juga berlaku buat dunia pendidikan di Indonesia, yang mmenurut gw sih kecepetan. Denger-denger, untuk masuk SD aja anak-anak udah harus bisa calistung. Gw aja ngitung pas jaman SD kelas 1 dulu masih suka berantakan, baca juga masih ga lancar (kalo gasalah), dan tulisan gw jelek. Mungkin kalo gw terlahir di tahun-tahun terdekat sehingga tahun ini gw bisa masuk SD, gw ga akan lulus. Well, soal sistem pendidikan mungkin nanti gw bahas kalo gw udah dapet info lagi, lagian kalo gw bahas sekarang bakalan OOT sama judul. Tapi, contoh sistem pendidikan taid juga bisa dibilang metamorfosa atau dalam artian versi gw "perubahan", dari yang jamannya gw SD walaupun di test tapi ga sesulit sekarang, sampe jaman sekarang yang kalau standarnya dipake pas gw mau masuk SD jaman dulu gw mungkin ga akan lulus. Nah, singkat cerita dalam hidup ini kita bakal nemuin banyak banget "metamorfosa" lainnya, entah itu kita sadar atau ga. Mungkin kehidupan kita sebagai manusia modern ga akan menyadari "metamorfosa" yang kecil, remeh, dan kawan-kawannya saking cepetnya arus kehidupan seorang manusia modern. Mungkin kalimat kutipan anime tadi udah ga akan berlaku beberapa tahun ke depan, kalo kita nyantai, kita bakal ketinggalan, tapi kita juga harus tahu semua yang memiliki kata "terlalu" itu ga baik, contoh: terlalu baik, bahkan baik aja kalo udah ditambahin kata terlalu berubah jadi ga baik. Begitupun hidup kita, terlalu cepat juga ga akan baik, ada baiknya sesekali kita mundur dari kehidupan sosial modern yang cepat untuk sejenak untuk bisa menikmati perjalanan kita menuju dewasa agar kita tetap bisa melihat metaorfosa kecil tapi belum tentu tidak berharga.

0 comments :

Post a Comment