Wednesday, September 24, 2014

Mana yang Penting?

sumber:http://www.merdeka.com/peristiwa/pr-matematika-anak-sd-heboh-di-fb-yang-benar-proses-atau-hasil.html

Oke, gw udah lama ga nge-post ya?maaf-maaf, heheh. Beberapa hari ini lagi sibuk dan capek banget, lagian belum ada ide mau nulis apa, tapi giliran ada ide sama gw ga langsung ditulis, ujung-ujungnya lupa deh. Makanya, sekarang gw lagi dapet ide langsung gw tulis, padahal gw lagi seminar sekarang, yaah, multi tasking lah, ngedengerin sekalian nge-post. nah, beberapa hari ini gw baca di FB tentang artikel tentang anak sd kelas 2 yang dikasih soal perkaian matematika yang sama gurunya disalahin 8 soal dari 10 soal. kakaknya yang ngebantuin ngerjain soal otomatis protes, yah beritanya bisa dibaa langsung di situs yang udah gw kasih di atas. Kenapa ga gw bahas? soalnya gw juga ga terlalu ahli matematika. yaa, sebenernya yang mau gw bahas di sini bukan masalah siapa ayng bener atau masalah nilai si anak kelas 2 sd itu, yang mau gw bahas di sini itu masalah orientasi kita tentang hasil dan proses. Semasa gw SMA, gw dituntut untuk dapet nilai bagus, kalo nilai gw jelek langsung dipanggil ke BK (gw bisa dibilang langganan BK). Nah, dari kasus gw sendiri aja udah keliatan kalo kita emang lebih mentingin hasil dibanding proses. Ga salah sih sebenernya, karena dengan kita mentingin hasil kita jadi tau mau ngapain. Udah fix gitu kita mau ke mana, karena kita udah punya sasaran atau target ke hasil. Kalo kita lebih fokus ke proses kita masih bingung mau ke mana, karena kita harus ngeliat proses kita juga, kalo bagus dilanjutin kalo jelek cari yang lebih bagus. Walaupun gw juga ga bilang ber-orientasi ke proses itu salah juga. Nah, tapi kalo di dunia nyata, gw lebih pro ke proses. Kenapa? Masih dengan pengalaman gw sewaktu SMA, dengan orientasi sekolah gw ke arah hasil dibanding proses, maka semua murid ngelakuin segala macem cara buat dapet hasil yang bagus, entah itu nyontek atau apa, untungnya sih belum nyampe nyogok. Nah, itu baru dari ruang lingkup sekolah, bayangin kalo di dunia nyata, ada orang yang pengen kaya, punya banyak uang, mobil, dkk. Mereka cuma orientasi ke hasil, dalam hal ini rumah, mobil, dkk. Biar bisa cepet punya "hasilnya" dia bakal ngelakuin segala cara, entah ngebunuh, nyuri, atau yang lain, yang pastinya bakal ngerugiin orang lain. Nah, itu kenapa gw lebih pro ke proses dibanding hasil.

Ga heran sih kalo di Indonesia banyak korupsi dkk. Kebanyakan orang masih ber-orientasi ke hasil, dan ini bisa dibilang hasil dari pendidikan yang mentingin hasil akhir bagus. Kalo nilai UN kita jelek, kita langsung divonis ga lulus, tanpa ngeliat track record kita selama 3 tahun buat SMP dan SMA, dan 6 tahun buat SD (gw gatau ya, SD tuh masih ada UN atau ga), padahal bisa aja pas UN kita lagi sakit jadi ga fokus atau kita lagi ada masalah apapun di rumah. Ini juga lah yang bikin joki-joki kunci jawaban UN di Indonesia masih tetep ada walaupun udah dibikin 20 paket atau barcode tiap soal dan lembar jawabannya. Itu juga akibat dari orientasi ke hasil. Tapi, di awal gw bilang kalo orientasi ke hasil itu juga punya sisi positif kan? Nah, itu dia, kita harus seimbang dalam orientasi kita. Gw juga masih belum bisa seimbang sih, masih latihan lah, itulah kenapa gw kayak orang yang gapunya tujuan mau ke mana. Terlepas dari gw yang masih latihan buat seimbang, kita emang ga boleh berlebihan sih, ga boleh terlalu fokus ke hasil atau proses. Karena, bisa dibilang hampir semua hal di dunia ini ada positif dan negatifnya, itu dia kenapa ada filosofi Yin dan Yang. Selain berarti saling melengakapi karena di bagian item ada titik putih dan sebaliknya, buat gw Yin dan Yang juga berarti keseimbangan, itu lah yang belum bisa gw lakuin, heheh. Nah, akhir kata, gw cuma mau bilang jangan terlalu terpaku kepada satu hal, karena pasti ada hal lain yang seharusnya kita seimbangin sama hal yang kita fokusin.

0 comments :

Post a Comment